All about Us

Senin, 19 Agustus 2013

Iman Kepada Allah


Sebagai insane beriman wajib mengakui dan mempercayai adanya Alloh. Keberadaan Alloh memang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang akan tetapi dapat dilihat ciptaannya di dunia ini, bahkan keberadaan diri kita termasuk bukti kekuasaan Alloh. 
Sudah sepatutnya kita untuk mengimaniNya. iman itu sendiri memiliki makna mempercayai
keberadaanNya, percaya di dalam hati, diucap lewat lisan dan dibuktikan dengan perbuatan.
Imani Alloh termasuk rukun iman yang pertama selain lima rukun iman lainnya.

Iman kepada Alloh berarti kita mempercayai bahwa

Alloh itu ada dan Alloh maha pencipta, ciptaan Alloh meliputi apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi serta yang ada diantara keduanya. Itulah salah satu sifat Alloh dan ia masih memiliki sifat-sifat yang lain. Berikut ini adalah sifat-sifat Alloh :
       1.         وُجُدً     Wujud, artinya Alloh itu ada, lawan dari sifat wujud adalah عَدَمٌ‘adam yaitu tiada.
      2.      قِدَمٌ     Qidam, artinya Alloh itu pendahulu, maksudnya Alloh itu tiada awal dan tiada akhir, Dia selalu ada selamanya. Lawannya adalah حُدُثْ  huduts yang mempunyai arti baru.
3.      بَقَاءَ Baqo’, artinya kekal maksudnya keberadaan Alloh tidak akan pernah hancur atau musnah. Lawannya adalah  فَنَاءَfana, yaitu rusak atau hancur.
4.         مُخَا لَفَةُ لِلْحَوَادِثِ Mukholafatulilkhawaditsi, Alloh beda dengan makhluk ciptaannya dan Alloh tidak mungkin memiliki sifat  مُمَاثُلَةُلِلْحَوَادِثِmumatsalatu lilkhawaditsi atau sama dengan makhluk ciptaannya.
5.    قِيَمُهُ Qiyamuhu binafsihi, yaitu Alloh berdiri sendiri, keberadaanNya tidak membutuhkan perantara. Lawannya adalah  أِحْتِيَا جٌغَيْرِهِikhtiyaajun illa ghoirihi, yang memiliki arti butuh bantuan yang lain.
6.         وَجْدَنِيَةً Wahdaniyah, artinya Alloh memiliki sifat esa, Lawannya adalah  تَعَدُدْ ta’adud yang artinya memiliki jumlah yang sangat banyak.
7.       قُدْرَةَ Qudrota, artinya Alloh maha kuasa, kekuasaanNya tidak dibatasi oleh apa pun, kehendakNya tidak ada yang bisa menolak atau menghalanginya, Alloh berkuasa memerintah bukan untuk diperintah. Lawannya adalah  أَجْرٌ aj’run atau lemah.
8.    أِرَادَاةً Irodat, yaitu berkehendak dan kehendaknya itu mutlak, tidak tidak ada unsure paksaan. Lawannya adalah  كَرَاحَةٌkarohatun atau terpaksa.
9.      عِلْمٌIlmun, yaitu Alloh maha mengetahui dan pengetahuan Alloh tanpa batas. Lawannya adalah  جَهْلٌjahlun, yaitu berpengetahuan yang terbatas.
10.     حَيَاةِ Hayat atau hidup, maksudnya Alloh maha hidup dan kehidupan Alloh kekal abadi sehingga Alloh tidak akan mati. Lawannya adalah  مَوْتٌmautun, yang artinya bisa mati dan sifat ini dimiliki oleh semua makhluk Alloh yang bernyawa.
11.     سَمَاعٌ Sama’, artinya Alloh maha mendengar semua suara baik yang keras maupun yang pelan dan tersembunyi. Lawannya adalah  صُمٌshumun atau tuli.
12.     بَصَرٌ Bashor, artinya Alloh maha melihat, melihat segala sesuatu yang terang-terangan maupun yang tersembunyi. Lawannya adalah  عُمْيٌ‘umyun yaitu buta.
13.   كًلًمٌ Kalam, yaitu Alloh mampu berbicara atau berfirman dan setiap firmanNya pasti benar adanya. Lawannya adalah  بُكْمٌbukmun atau bisu, jika seandainya ia mampu berbicara maka apa yang ia katakana belum tentu benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar