1. Nama Kelompok : …………………………………………………..
Ahli : …………………………………………………..
Anggota Kelompok : …………………………………………………..
2. Kelas/semester : XII.IPS 1/V
3. Topik
: Peminum Khamr dan Ketentuan Hukumnya
1. Portopolio (PT)
1. Portopolio (PT)
Ruang lingkup:
1.
Karya portofolio
yang dikumpulkan adalah seluruh hasil kegiatan belajar mengajar siswa dari setiap
pertemuan
2.
Format
kegiatan diisi sesuai temuan di lapangan.
3.
Setiap
laporan hasil KBM dikumpulkan selambat-lambatnya satu hari
setelah
kegiatan.
3. Penilaian dilaksanakan hari
ketiga setelah kelompok tersebut melengkapi berkas yang disediakan (berkas
terlampir).
Format penilaian porto folio:
Nama :……………………………
|
|||||
Kelas :……………………………
|
|||||
No
|
Indicator penilaian
|
Skala rentang
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelengkapan arsip selama kegiatan
|
4
|
|||
2
|
Kerja sama
|
4
|
|||
3
|
Tanggung jawab
|
4
|
|||
4
|
Kerapian dalam pelaporan
|
||||
5
|
Akurasi waktu
|
4
|
|||
6
|
Ketertiban (sistemik)
|
3
|
|||
Skor yang dicapai
|
|||||
Skor maksimum
|
24
|
||||
Nilai
|
LEMBAR KERJA DISKUSI
1. Nama Kelompok : Tsasi
Ahli : M. Irsyad Nurdin
Anggota Kelompok : M Fadel Aulia
2. Kelas/semester : XII.MIA 1/V
Anggota Kelompok : M Fadel Aulia
2. Kelas/semester : XII.MIA 1/V
3. Topik
: Qadzaf dan Ketentuan Hukumnya
Aspek yang Diamati
Aspek yang Diamati
Ya
|
Tidak
|
Skor
4/3/2/1
|
||
Kegiatan Pendahuluan
|
||||
Apersepsi dan Motivasi
|
||||
1
|
Mengaitkan
materi diskusi sekarang dengan pengalaman sehari-hari.
|
3 | ||
2
|
Mengajukan pertanyaan
menantang.
|
3 | ||
3
|
Menyampaikan manfaat materi
pembelajaran.
|
3 | ||
4
|
Mendemonstrasikan
sesuatu yang terkait dengan tema.
|
3 | 12 | |
Penyampaian batasan materi dan Rencana
Kegiatan
|
||||
1
|
Menyampaikan
batasan-batasan materi yang akan disampaikan.
|
4 | ||
2
|
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, sesi menyimak atau mengamati paparan pemateri, sesi
bertanya, pengolahan/pengumpulan data , sesi menyimpulkan hasil diskusi dan sesi
mengkomunikasikan hasil.
|
4 | 8 | |
Kegiatan Inti
|
||||
Penguasaan Materi Diskusi
|
||||
1
|
Kemampuan menyesuaikan
materi dengan batasan yang harus dicapai.
|
4 | ||
2
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan, perkembangan iptek , dan kehidupan nyata.
|
4 | ||
3
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran dengan tepat (inovatif, efektif dan
efisisen).
|
4 | ||
4
|
Menyajikan materi
secara sistematis (mudah ke sulit,
dari konkrit ke abstrak)
|
4 | 16 | |
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
|
||||
1
|
Melaksanakan diskusi sesuai
dengan batasan yang akan dicapai.
|
4 | ||
2
|
Menjadi mediator/fasilitator kegiatan yang
memuat komponen menyimak, menanya, observasi, menyimpulkan dan
mengomunikasikan.
|
4 | ||
3
|
Melaksanakan diskusi secara runtut.
|
4 | ||
4
|
Menguasai audien atau peserta diskusi.
|
4 | ||
5
|
Melaksanakan diskusi yang bersifat
kontekstual.
|
4 | ||
6
|
Melaksanakan diskusi yang memungkinkan
tumbuhnya kebiasaan positif.
|
4 | ||
7
|
Melaksanakan diskusi sesuai
dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
4 | 28 | |
Penerapan Pendekatan
scientific
|
||||
1
|
Memberikan pertanyaan
mengapa dan bagaimana.
|
4 | ||
2
|
Memancing peserta diskusi untuk bertanya.
|
4 | ||
3
|
Memfasilitasi peserta diskusi
untuk mencoba.
|
4 | ||
4
|
Memfasilitasi peserta diskusi
untuk mengamati.
|
4 | ||
5
|
Memfasilitasi peserta diskusi
untuk menganalisis.
|
4 | ||
6
|
Memberikan pertanyaan
peserta diskusi untuk menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).
|
4 | ||
7
|
Menyajikan kegiatan peserta diskusi untuk berkomunikasi.
|
4 | 28 | |
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam diskusi
|
||||
1
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
pembelajaran.
|
4 | ||
2
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran.
|
4 | ||
3
|
Menghasilkan
pesan yang menarik.
|
4 | ||
4
|
Melibatkan
peserta diskusi
dalam
pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
4 | ||
5
|
Melibatkan
peserta diskusi dalam
pemanfaatan media
pembelajaran.
|
4 | 20 | |
Pelibatan Peserta diskusi selama kegiatan
| ||||
1 |
Menumbuhkan
partisipasi aktif peserta diskusi melalui interaksi
peserta. pemateri dengan sumber belajar lain.
|
4 | ||
2
|
Merespon
positif partisipasi peserta diskusi.
|
4 | ||
3
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons peserta diskusi.
|
4 | ||
4
|
Menunjukkan
hubungan antar peserta diskusi yang kondusif.
|
4 | ||
5
|
Menumbuhkan
keceriaan atau antusiasme peserta diskusi selama
kegiatan.
|
4 | 20 | |
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam diskusi
| ||||
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar.
|
4 | |||
2
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar.
|
3 | ||
Penutup diskusi
|
||||
1
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman.
|
3 | ||
2
|
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan
portofolio.
|
3 | 13 | |
Skor yang dicapai
|
||||
Skor maksimum
|
38x4=152
|
|||
Skor minimum
|
38x1=38
|
|||
Rentang nilai
|
152=Baik sekali
114=Baik
76=Sedang
38=Kurang
|
|||
Kualifikasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar