All about Us

Minggu, 07 September 2014

Portopolio


 
1.  Nama Kelompok       :    …………………………………………………..
Ahli                              :        …………………………………………………..
Anggota Kelompok   :         …………………………………………………..
2.    Kelas/semester         :         XII.IPS 1/V
3.    Topik                           :    Peminum Khamr dan Ketentuan Hukumnya

1.   Portopolio (PT)
Ruang lingkup:
1.        Karya portofolio yang dikumpulkan adalah seluruh hasil kegiatan belajar mengajar siswa dari setiap pertemuan
2.        Format kegiatan diisi sesuai temuan di lapangan.
3.        Setiap laporan hasil KBM dikumpulkan selambat-lambatnya satu hari
setelah kegiatan.
3.  Penilaian dilaksanakan hari ketiga setelah kelompok tersebut melengkapi berkas yang disediakan (berkas terlampir).

Format penilaian porto folio:
Nama :……………………………
Kelas :……………………………
No
Indicator penilaian
Skala rentang
4
3
2
1
1
Kelengkapan arsip selama kegiatan
4



2
Kerja sama
4



3
Tanggung jawab
4



4
Kerapian  dalam  pelaporan




5
Akurasi waktu
4



6
Ketertiban (sistemik)

3



Skor yang dicapai


Skor maksimum
24

Nilai



 LEMBAR KERJA DISKUSI

1.    Nama Kelompok                :           Tsasi
      Ahli                                       :           M. Irsyad Nurdin
      Anggota Kelompok            :           M Fadel Aulia
2.    Kelas/semester                   :           XII.MIA 1/V
     3.    Topik                                     :         Qadzaf dan Ketentuan Hukumnya

 Aspek yang Diamati

Ya
Tidak
Skor
4/3/2/1
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
1
Mengaitkan materi diskusi sekarang dengan pengalaman sehari-hari.
3

2
Mengajukan pertanyaan menantang.
3

3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.
3

4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema.
3
12
Penyampaian batasan materi dan Rencana Kegiatan
 1
Menyampaikan batasan-batasan materi yang akan disampaikan.
4

 2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, sesi menyimak atau mengamati paparan pemateri, sesi bertanya, pengolahan/pengumpulan data , sesi menyimpulkan hasil diskusi dan sesi mengkomunikasikan hasil.
4
8
Kegiatan Inti
Penguasaan Materi Diskusi
 1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan batasan yang harus dicapai.
4

 2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan iptek , dan kehidupan nyata.
4

 3
Menyajikan  pembahasan materi pembelajaran dengan tepat (inovatif, efektif dan efisisen).
4

 4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
4
16
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik   
 1
Melaksanakan diskusi sesuai dengan batasan yang akan dicapai.
4

 2
Menjadi mediator/fasilitator kegiatan yang memuat komponen menyimak, menanya, observasi, menyimpulkan dan mengomunikasikan.
4

 3
Melaksanakan diskusi secara runtut.
4

 4
Menguasai audien atau peserta diskusi.
4

 5
Melaksanakan diskusi yang bersifat kontekstual.
4

 6
Melaksanakan diskusi yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif.
4

 7
Melaksanakan diskusi sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
4
28
Penerapan Pendekatan scientific
 1
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
4

 2
Memancing peserta diskusi untuk  bertanya.
4

 3
Memfasilitasi peserta diskusi untuk mencoba.
4

 4
Memfasilitasi peserta diskusi untuk   mengamati.
4

 5
Memfasilitasi peserta diskusi untuk   menganalisis.
4

6
Memberikan pertanyaan peserta diskusi untuk  menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).
4

7
 Menyajikan kegiatan peserta diskusi untuk  berkomunikasi.
4
28
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam diskusi
 1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.
4


 2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.
4


 3
Menghasilkan pesan yang menarik.
4


 4
Melibatkan peserta diskusi dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
4


 5
Melibatkan peserta diskusi dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.
4

20
 Pelibatan Peserta diskusi selama kegiatan
1
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta diskusi melalui interaksi peserta. pemateri dengan sumber belajar lain.
4


 2
Merespon positif partisipasi peserta diskusi.
4


 3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta diskusi.
4


 4
Menunjukkan hubungan antar peserta diskusi yang kondusif.
4


 5
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta diskusi selama kegiatan.
4

20
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam diskusi
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
4


 2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
3


Penutup diskusi
 1
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman.
3


 2
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.
3

13
Skor yang dicapai

Skor maksimum
38x4=152
Skor minimum
38x1=38
Rentang nilai
152=Baik sekali
114=Baik
76=Sedang
38=Kurang
Kualifikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar